Pemicuan STBM di Desa Sri Agung Wilayah Puskesmas Karang Agung Ilir

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan yang dilakukan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Pemicuan merupakan cara mendorong perubahan prilaku higiene sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan pola pikir, prilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Karang Agung Ilir dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah dengan melakukan Pemicuan STBM ( dalam hal ini Jamban Sehat) sehingga akses masyarakat untuk BAB di Jamban Sehat meningkat dan diharapkan dapat mencapai Desa ODF (Open Depecation Free/Bebas Buang Air Besar Sembarangan)

Pemicuan STBM dilakukan  pada hari Jumat, tanggal 19 Mei 2017, dengan cara memicu masyarakat yang masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS) untuk tidak lagi BABS dan merubah perilaku masyarakat agar tahu, mau dan mampu menggunakan jamban sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan ini, Sanitarian (Maharani, SKM) dan staf Puskesmas Karang Agung Ilir, dibantu bidan Desa Sri Agung (Aci Sri Ratna N, AMKeb), melakukan Kegiatan Pemicuan STBM di Dusun 4, yang diikuti oleh warga Dusun 2 dan Dusun 4, terutama warga yang belum memiliki dan menggunakan jamban sehat atau masih BAB sembarangan, dan dihadiri oleh Bpk Kuat (BPD), Sudarmadi (Kadus 2), Rojikun (Kadus 4), Suwandi (RT 12) dan kader Posyadu.

Dari Pemicuan STBM  ini terdapat beberapa warga yang ingin merubah perilakunya untuk tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan. Kegiatan ini akan terus di pantau oleh Pihak Puskesmas Karang Agung Ilir, terutama oleh Kepala Puskesmas KAI, Sanitarian dan bidan Desa Sri Agung serta melibatkan Desa Sri Agung.

Semoga  dengan Kegiatan Pemicuan STBM di Desa Sri Agung ini dapat menjadikan Desa Sri Agung sebagai Desa ODF di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Agung Ilir.

Salam STBM, Lebih Bersih Lebih Sehat.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*