Desa Sumber Rejeki, Desa Pemicuan STBM

Pemicuan STBM baru baru ini dilaksanakan di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Karang Agung Ilir, tepatnya di Desa Sumber Rejeki Kec. Banyuasin II. Pemicuan STBM dilakukan agar masyarakat yang masih Buang Air Besar Sembarangan dapat sadar dan berubah Perilakunya untuk Buang Air Besar di Jamban Sehat.

STBM merupakan suatu pendekatan yang dilakukan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Masyarakat yang masih BAB Sembarangan dipicu menggunakan elemen-elemen picu, baik itu rasa jijik, rasa malu, rasa takut sakit, rasa takut dosa, rasa takut akan kemiskinan.

Pemicuan STBM dilaksanakan di Dusun III, Desa Sumber Rejeki pada hari Sabtu, 20 Mei 2017. Kegiatan ini merupakan program Kesehatan Lingkungan UPT PKM KAI yang dilakukan oleh Sanitarian PKM KAI (Maharani, SKM) bekerja sama dengan Bidan Desa Sumber Rejeki (Siti Nuraeni, AMKeb) yang dibantu oleh Fasilitator Kabupaten Banyuasin (Ibu Murniawati) serta Staf PKM Kai.  Pemicuan STBM ini diikuti oleh Warga Dusun III RT.7. Rt.8 dan RT.9. terutama warga yang masih BAB Sembarangan ataupun belum memiliki Jamban.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Sekdes Sumber Rejeki, BPD, Kepala Dusun III, Ketua RT dan Ibu ibu kader Posyandu. Dengan adanya kegiatan ini, maka diharapkan masyarakat Desa Sumber Rejeki dapat menyadari dan merubah Perilakunya menjadi Perilaku yang ber-PHBS yaitu tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan. Untuk kedepannya diharapkan Desa Sumber Rejeki bisa menjadi Desa ODF (Open Defecation Free) atau desa yang 100% masyarakatnya tidak ada lagi yang BAB sembarangan.

Tentu saja kegiatan ini tidak akan maksimal bila tidak dilanjutkan dengan Monitoring Pasca Pemicuan. Oleh karena itu kegiatan Monitoring akan terus dilakukan baik oleh Puskesmas Karang Agung Ilir, Bidan Desa, maupun dari Warga Desa Sumber Rejeki sendiri.

Salam STBM, Lebih Bersih, Lebih Sehat……

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*