Tabala Jaya, Desa Pemicuan STBM Terjauh Wilayah Kerja UPT Puskesmas Karang Agung Ilir

Pada hari Sabtu (20 Mei 2017), dilakukan Kegiatan Pemicuan STBM di Desa terjauh dari Wilayah Kerja UPT Puskesmas Karang Agung Ilir. Kegiatan ini dilakukan dengan maksud agar masyarakat menjadi sadar dan merubah Perilaku untuk tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan.

Berdasarkan Permenkes No.3 tahun 2014,  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Sedangkan Pemicuan STBM itu sendiri merupakan cara mendorong perubahan prilaku higiene sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan pola pikir, prilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat.

Kegiatan ini termasuk ke dalam Program Penyehatan Lingkungan di UPT Puskesmas Karang Agung Ilir. Pemicuan STBM dilakukan  di Dusun I yang dipandu oleh Petugas Kesling PKM KAI (Maharani, SKM),Fasilitator Kabupaten Banyuasin (Murniawati), Bidan Desa Tabala Jaya (Yuniani, AMKeb) serta Staf Puskesmas KAI.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Sekdes Tabala Jaya, Kasi Kemasyarakatan, Kasi PMD, Kadus I serta warga Desa Tabala Jaya Dusun I, baik warga yang sudah menggunakan Jamban Sehat maupun warga yang masih Buang Air Besar Sembarangan.

Elemen-elemen Pemicuan dipakai dalam kegiatan ini, seperti Rasa jijik, rasa takut sakit, rasa takut dosa, rasa malu dan rasa takut akan kemiskinan. Elemen ini dipakai agar masyarakat yang masih BAB sembarangan memiliki kesadaran dan pada akhirnya mau merubah Perilaku yang tidak sehat menjadi Perilaku yang ber-PHBS, diantaranya yaitu dengan mengunakan Jamban Sehat.

Pemantauan Pasca Pemicuan akan terus dilakukan baik oleh Pihak Puskesmas, Bidan Desa maupun dari warga Desa Tabala itu sendiri. Dengan kegiatan Pemicuan ini diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat untuk tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan dan pada akhirnya dapat mencapai Desa ODF (Open Defecation Free), yaitu Desa dimana 100% warganya tidak ada lagi yang Buang Air Besar Sembarangan.

Salam STBM, Lebih Bersih Lebih Sehat…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*